definisi bosan dan lain sebagainya







               BOSAN










BAGIAN 1
BOSAN
Text Box: DEFINISI
P
K
 



Setiap manusia pasti akan mengalami kebosanan. Kebosanan terjadi di sela-sela masa giat yang dialami. Hal ini serupa dengan mesin kendaraan yang terus dipacu , lama kelamaan mesin itu menjadi panas dan perlu didinginkan untuk sementara sampai temperaturnya normal kembali . suatu ketika, kita merasa bersemangat ketika menekuni sesuatu. Begitu bersemangat sehingga kita melupakan banyak hal . namun masa masa kiat tersebut tidak bertahan lama . sesudahitu muncul masa malas , lesu dan jemu . inilah masa ketika ketekunan kita sampai dititik bosan. Saat itu krtrkunan ada digaris ambang batas , ia tidak mungkin dinaikkan lebih tinggi . setelah beberapa lama masa jenuh ini berjalan , taklama kemudian muncul kembali kegairahan untukmenekuni kesibukan seperti semula. Demikian seterusnya , rasa giat dan bosan , silih berganti datang satu pihak menyusul yang lain nya.
 Berikut definisi bosan antara lain :
  1. Menurut Abu Abdirrahman Al-Qawiy bahwa kejenuhan adalah tekanan sangat mendalam yang sudah sampai titik jenuh. Siapapun yang merasa jenuh, ia akan berusaha sekuat tenaga melepaskan diri dari tekanan itu.
  2. Menurut Muhibbin Syah, jenuh juga dapat berarti jemu dan bosan dimana sistem akalnya tidak dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan dalam memproses item-item informasi atau pengalaman baru. Sedangkan secara harfiah jenuh ialah padat atau penuh sehingga tidak memuat apapun.
  3. Menurut Sayyid Muhammad Nuh, Jenuh atau futur ialah suatu penyakit hati (rohani) yang efek minimalnya timbulnya rasa malas, lamban dan sikap santai dalam melakukan sesuatu amaliyah yang sebelumnya pernah dilakukan dengan penuh semangat dan menggebu-gebu serta efek maksimalnya terputus sama sekali dari kegiatan amaliyah tersebut.
  4. Dalam hadits juga disebutkan mengenai kejenuhan. Hadits ini bukan saja relevan, namun juga menunjukan bukti ketinggian ajaran Islam. Rasulullah SAW, berbicara tentang kejenuhan dan memberikan rambu-rambu yang lurus
5.    Bosan adalah sifat alamiah manusia, semua manusia pernah mengalami rasa bosan. tapi manusia yang baik mampu mengatasi rasa bosan itu dengan berbagai kegiatan positif kawand. Bosan identik dengan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus, bahkan tidak menutup kemungkinan kegiatan itu adalah hobi kita. bekeja kadang membosankan, ngenet terkadang membosankan, kuliah sering membosankan, bahkan tidak berbuat apa-apa juga sangat membosankan
Dari semua definisi bosn diatas , dapat kita simpulkan bahwa bosan adalah suatu kondisi perasaan (afektif)  yang tidak menyenangkan dan bersifat sementara , yang seseorang merasakan sesuatu kehilangan minat dan sulit konsentrasi terhadap aktifitas.
.

Text Box: MENGAPA KITA HARUS TIDAK BOLEH BOSAN
 




Bosan merupakan perasaan yang telah lelah merasakan sesuatu yang berulang-ulang di suguhkan kepada kita.dan bosan sendiri memiliki dampak negative bagi orang yang merasakan nya.  Seringkali menghabiskan waktu sendiri, dapat membuat rasa bosan kerap datang menghampiri. Ketika bosan apa yang Anda lakukan? Sebaiknya segera ditangani karena jika tidak, bosan bisa mengarahkan Anda pada kecenderungan kelainan mental.Berikut ini alasan mengapa kita boleh bosan :
1.    Dikutip dari laman Times of India, sebuah penelitian menemukan keterkaitan antara kebosanan dengan kelainan pada aktivitas fisik(Body-focused repetitive behavior) yang terdiri dari salah satunya kebiasaan menarik rambut, serta mengupas kulit pada beberapa orang, khususnya yang tidak sanggup mengelola rasa bosan dengan baik.
2.    Menurut Keiron O'Conor, dari University of Montreal, jika sudah terjadi kecenderungan seperti ini, maka tingkat kelainan sudah parah. Kecenderungan dari kelainan ini, terjadi pada seseorang yang memiliki sifat perfeksionis. Orang seperti ini cenderung sulit rileks, sulit terpuaskan dan mudah bosan. Latar belakang sifat seperti inilah, yang biasanya memicu terjadinya kelainan ini. "Mereka yang memiliki sifat perfeksionis, akan dekat dengan depresi, frustasi, ketidaksabaran, ketidakpuasan, dan rasa bosan yang tak mampu ditahan. Inilah yang menyebabkan gangguan pada diri mereka," Katanya.
Karena bahaya dari kelainan ini cukup berat, adanya pengobatan danpencegahan sangat dibutuhkan. Tindak perawatan, bisa dilakukan dengan melakukan terapi penyembuhan, dengan cara mengikuti beberapa rangkaian pengobatan yang bertujuan untuk meredam rasa keinginan untuk melakukan hal-hal repetitif membahayakan. 
Nah berdasarkan uraian yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa pentingnya untuk tidak memiliki rasa bosan sangat penting dalam kehidupan kita. Karena memang rasa bosan tersebut banyal merugikan dirisendiri bahkan orang lain disekitar kita. Untuk itu lakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti olahraga, yoga, atau sekadar memanjakan diri dengan menonton film televisi. Hal tersebut sedikit banyak dapat menurunkan rasa bosan, dan dapat mengurangi risiko terkena jenis kelainan ini


Text Box: JENIS JENIS BOSANRasa bosan memang sangat familiyar dikepala atau ingatan kita. Maka dari itu bosan juga banyak varian atau jenis . Dibawah ini akan saya sebutkan dan jelaskn jenis-jenis bosan antara lain :
  1. Bosan Masa Bodoh :Orang yang mengalami kebosanan jenis ini merasa ingin menyendiri, masa bodoh, dan santai.
  2. Bosan Kalibrasi: Orang dengan tipe ini merasa bimbang dan sangat reseptif dengan perubahan atau gangguan.
  3. Bosan Mencari: Orang yang mengalami kebosanan ini resah dan aktif mencari sesuatu untuk mengalihkan perhatian Anda.
  4. Bosan Reactan: Orang yang mengalami kebosanan ini termotivasi meninggalkan situasi yang mereka hadapi.
  5. Kebosanan Apatis: jenis kebosanan yang tak menyenangkan yang menyerupai ketidakberdayaan atau depresi.terhadap segala
  6. Kejenuhan positif : adalah kejenuhan terhadap segala sesuatu yang buruk , baik berupa penyimpangan perilaku ,perbuatan dosa tindak khazaliman , kesesatan , hingga keyakinan bathil
  7. Kejenuhan negative adalah kebosanan yang berat , merusak kehidupan dan memicu munculnya keburukan keburukan lain yang lebih serius .

 Demikian jenis-jenis bosan yang sudah saya jelaskan di atas .Bosan yang sama dengan jenuh, dimana melahirkan rasa malas sangat rentan menyerang siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa bahkan yang tua pun merasakan hal tersebut. Rasa bosan dalam dunia ini akan menyerang kita, baik sebagai pengawai negeri, swasta, hidup berumah tangga dan lingkungan lainnya.
Text Box: CIRI CIRI ORANG BOSAN
 





 Cir-ciri bosan wajib kita ketahui . untuk itu peneliti Mark Fenske yang dikutip dari merdeka.com. dan menurut Penelitian Dr John Eastwood dari York University health.detik.com . 
Membeberkan gejala - gejala anda terjangkit dengan yang namanya kejenuhan atau bosan adalah;
1.    Kesulitan memberi perhatian pada informasi internal, misalnya pikiran atau perasaan sadar bahwa sulit memberi perhatian terhadap sesuatu.
2.    Menyalahkan lingkungan sekitar, misalnya berkata "Tugas ini membosankan" atau "Tidak ada yang bisa dilakukan di sini.
3.    Sering Mengeluh, Secara tidak sadar Minasan akan sering berkeluh kesah tentang pekerjaan atau perusahaan kepada teman atau saudara. Hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa Minasan sudah bosan bekerja.
4.    Merasa Malas Sekalipun Hanya Mengerjakan Tugas Sederhana.Meskipun hanya tugas sederhana, Minasan akan merasa malas mengerjakannya karena sudah bertentangan dengan hati Minasan.
5.    Merasa Cepat Lelah,  Sekalipun Minasan tidak mengerjakan tugas atau pekerjaan yang berat dalam waktu yang lama Minasan akan merasa lelah. Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang Minasan kerjakan dianggap sebagai sebuah beban bukan bagian dari pekerjaan yang menyenangkan.
6.    Berubah mudah marah, Apabila dulu dia orang yang penyabar , penyayang, dan hati-hati untuk berkata-kata kepada anda. Akan tetapi sekarang dia berubah seperti mudah emosi walaupun hanya masalah sepele saja, sekan dia selalu mencari masalah . jika seperti itu merupakan tand bahwa dai sudah mulai bosan dengan and
Itulah ciri-ciri bosan yang saya ketahui , jika salah satu ciri tersebut ada pada diri anda , teman , keluarga, dan orang-orang sekitar maka perlu nya pencegahan atau pengobatan. Dengan pendampingan dokter dan psikiater, pasien akan diberikan perawatan penuh, agar
kecenderungan melukai diri sendiri ini menghilang. Sementara itu, untuk tindak pencegahan, kecenderungan ini bisa ditahan dengan cara menemukan cara tepat untuk membasmi rasa bosan.
Text Box: BEBERAPA CARA BELAJAR MENJADI TIDAK BOSAN
 



Pernahkah kamu merasa malas untuk melakukan segala hal? Bagaimana cara menghilangkan rasa bosan tersebut? Rasa bosan timbul karena kamu melakukan kegiatan yang monoton dan diulang ulang setiap harinya. Tidak ada variasi dalam kegiatan sehari, yang dilakukan selalu itu itu dan itu. Bagaimana tidak bosan. Jika kamu sudah berada titik puncak kebosanan maka kamu akan malas untuk melakukan segala hal alias mager Lantas bagaimana cara mengatasi rasa bosan tersebut?.Disini akan saya sebutkan tips atau cara menghilangkan rasa bosan yaitu dengan cara :

1.    Sesekali Ngobrol Dengan Teman

Buat kamu yang selalu hanya melakukan kegiatan kuliah, pulang, buka laptop, mengerjakan tugas, tidur, makan, mandi, berangkat kuliah lagi, sesekali keluar lah bersama teman teman mu sekedar untuk mengobrol, melepas penat dalam perkuliahan, saling sharing tentang kehidupan masing – masing (yang patut disharing).Perlu diketahui, manusia itu adalah makhluk sosial. Mau bagaimanapun kamu tidak dapat hidup sendiri, kamu butuh pertolongan orang dan orang membutuhkan pertolongan kamu. Salah satunya ya ini, mengobrol bersama teman. Dengan kamu chit chat ketawa bareng bersama temanmu secara tidak langsung bisa merefresh otakmu yang sudah jenuh dengan rutinitasmu sehari hari. 

2.     Olahraga Secara Teratur

Tidak pernah olahraga bisa menyebabkan badanmu lemas dan malas untuk ngapa ngapain alias bosan. Untuk gerak saja males, paling banter ya tiduran di kosan sambil maenan HP. Produktif ngga menurutmu? Jikalau kegiatan tersebut di-convert ke kegiatan yang lebih bermanfaat mungkin hidupmu jauh lebih berwarna.
Kamu yang jarang olahraga sebaiknya mulai dari sekarang melakukan aktivitas olahraga. Sekedar lari di pagi hari mengitari kampus maupun di sore hari bisa lah ya. Kegiatan
olahraga ini cobalah untuk dirutinkan, seminggu sekali atau seminggu 3 kali itu juga sudah cukup.
Olahraga dapat melancarkan peredaran darahmu sehingga membuat otakmu fresh untuk melakukan kegiatan lain dan tidak lesu.

3.     Mengganti Posisi Belajar Atau Bekerja

Bosan juga bisa terjadi kepada kamu yang sudah jenuh dengan posisi meja belajar atau meja kerja yang itu itu saja. Agar terdapat variasi cobalah sesekali mengganti tata letaknya. Fungsinya adalah agar suasana kerja atau belajar berbeda dari biasanya sehingga dapat meningkatkan kinerja kamu.

4.    Mengubah Suasana Kamar

Sesekali mengubah suasana kamar memang perlu. Apakah kamu tidak bosan dengan posisi seperti itu itu saja? Agar kamu tidak cepat bosan, setiap sebulan sekali bisa kamu atur ulang suasana kamarmu. Selain dapat meningkatkan kinerjamu, juga menambah rasa nyaman atau bahkan kamu bisa menemukan suasana yang pas.

5.        Travelling

Buat kamu yang bosan akut, sebaiknya kamu istirahat sejenak dengan berlibur ke suatu tempat atau istiliah kerennya travelling. Travelling ke tempat tempat yang kamu senangi seperti gunung, pantai, atau tempat bersejarah bisa memunculkan ide ide yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Ide ide yang dapat mengubah polamu kegiatanmu menjadi lebih menarik. Sangat disarankan untuk tidak mengunjungi tempat keramaian seperti mall, tempat nongkrong. Cobalah sesekali melihat alam sekitarmu yang begitu inda

6.         Kuliner

Bagi kamu yang doyan makan, cobalah kuliner ke tempat tempat yang memang belum pernah kamu kunjungi. Hal ini untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa bosan yang sedang kamu alami. Penat, capek, males, dan bosan akan hilang ketika kamu menemukan sesuatu yang baru dan menarik. Jika kamu suka kuliner soto, carilah tempat makan soto yang belum pernah kamu kunjungi.
Tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang baru, selain menambah wawasan dan pengalaman bisa jadi menambah daftar referensi kuliner kamu.

7.       Menyendiri sejenak

Menyendiri terkadang memang perlu. Mengapa? Karena akan membuatmu sejenak berpikir mengapa kamu bisa bosan, apa yang harus kamu lakukan, apa yang salah dari rutinitasmu. Hal ini bisa jadi sekaligus instropeksi terhadap dirimu sendiri. Menyendiri bukan berarti untuk melamunkan sesuatu, tetapi kamu memang butuh waktu untuk sendiri.

Insya Allah cara di atas dapat mengurangi rasa bosan anda.Jangan pernah sesekali menganggap hidupmu itu bosan. Perlu diketahui bahwa yang membuat hidupmu ini tidak pernah bosan mendengar keluh kesahmu, rasa sedihmu, maupun segala curhatanmu. Allah pasti memberikan yang terbaik untuk hambaNya dalam mengatasi rasa bosan.

 

Text Box: AKIBAT DARI RASA BOSAN
 

 



Rasa bosan sangat tidak disukai oleh semua orang akan tetapi rasa tersebut mau tidak mau pasti akan melanda dalam diri kita. Tapi ternyata dampak dari bosan tidak selalu buruk , inilah dampak positif dari rasa bosan adalah :
Dampak-dampak positif  yang ditimbulkan oleh rasa bosan antara lain :
1.    Menghilangkan kecanduan dari teknologi
Coba ingat, dalam 24 jam waktu yang Anda miliki, berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk memainkan gadget Anda. Anda sudah termasuk dalam kecanduan teknologi jika Anda merasa cemas jika sedetik saja perhatian Anda teralih dari gadget atau pada saat merasa ponsel Anda berbunyi atau bergetar padahal sebenarnya tidak.
Bayangkan saat Anda telah bosan dengan semua itu dan mencoba untuk mengobrol kembali dengan orang-orang yang berada di sekitar Anda secara nyata. Anda mungkin akan terkena berbagai masalah psikis seperti kecemasan yang berlebihan, depresi, performa akademik yang tidak baik serta pola tidur yang berantakan jika Anda lebih banyak menghabiskan dengan menggunakan gadget atau teknologi serta jejaring sosial. Saat Anda memiliki waktu 5 menit atau bahkan beberapa jam untuk tidak melakukan sesuatu, segera nikmati rasa bosan Anda dengan cara memadamkan gadget dan ponsel Anda
2.    Lebih kreatif
Apakah Anda tahu bahwa Anda akan lebih kreatif jika Anda merasa bosan? Selama ini, Anda mungkin berfikir bahwa hanya akan melakukan hal yang sia-sia jika Anda merasa bosan. Mungkin selama ini Anda belum menemukan sisi lain dari diri Anda.
Anda dapat menjadi lebih kreatif dengan memberikan pikiran Anda sebuah jeda ditengah kecanduan Anda pada gadget. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa, Anda akan lebih kreatif dan imajinatif dengan melamun.
3.    Akan menemui minat dan hobi baru
Coba Anda ingat, berapa waktu Anda yang telah terbuang percuma hanya untuk sekedar eksis di twitter atau ber-“BBM”-an dengan teman Anda yang berada tidak jauh dari pandangan Anda. Coba Anda hitung, waktu yang telah terbuang percuma tadi sebenarnya dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan minat dan hobi yang baru. Sebenarnya, mungkin Anda adalah orang yang penuh dengan ide, namun Anda kemudian kurang berkembang karena Anda terlalu lama berkutat dengan dunia maya dan teknologi.
Sebenarnya, otak Anda memiliki cukup banyak ruang dan waktu untuk memasuki kegiatan dan hobi baru saat Anda merasa sedang bosan. Jadi, akan sangat terbuang sia-sialah waktu Anda jika Anda memilih untuk hanya menghabiskan waktu di depan computer atau gadget Anda. Oleh karena itu, saat Anda merasa bosan dengan keadaan sekeliling Anda, ada gunanya jika Anda mencoba untuk melakukan berbagai hal yang baru.
4.    Akan lebih waspada saat bosan
Anda akan lebih berhati-hati pada pikiran Anda, waspada serta focus pada hal yang sedang terjadi pada saat itu pada saat Anda sedang tidak melakukan apa-apa. Untuk mendapatkan kehati-hatian, kewaspadaan dan pikiran yang terpusat, Anda bahkan tidak perlu mengikuti kelas meditasi. Dalam sebuah penelitian, telah ditemukan bahwa perasaan bosan dapat memberi dampak yang signifikan pada kesadaran Anda atas sesuatu, misalnya kestabilan emosi, tidur yang cukup serta kesuksesan Anda untuk menurunkan berat badan.
Dari dampak-dampak positif kebosanan tersebut dapat disimpulkan bahwa ketika bosan melanda , siapapun akan merasa tertekan dan dampak-dampak diatas oleh orang yang benar-benar merasakan bosan . jadi meskipun kata bosan selalu diidentik dengan kata yang buruk, namun tetap memiliki dampak yang positif seperti hal nya diatas
BAGIAN 2
KISAH TELADAN

 

Text Box: ”Kisah Pria Yang Bosan Hidup”
 




Seorang pria setengah baya mendatangi seorang guru ngaji, “Ustad, saya sudah bosan hidup. Sudah jenuh betul. Rumah tangga saya berantakan. Usaha saya kacau. Apapun yang saya lakukan selalu berantakan. Saya ingin mati.”Sang Ustad pun tersenyum, “Oh, kamu sakit.”
“Tidak Ustad, saya tidak sakit. Saya sehat. Hanya jenuh dengan kehidupan. Itu sebabnya saya ingin mati.”Seolah-olah tidak mendengar pembelaannya, sang Ustad meneruskan, “Kamu sakit. Dan penyakitmu itu sebutannya, ‘Alergi Hidup’. Ya, kamu alergi terhadap kehidupan.”
Banyak sekali di antara kita yang alergi terhadap kehidupan. Kemudian, tanpa disadari kita melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma kehidupan. Hidup ini berjalan terus. Sungai kehidupan mengalir terus, tetapi kita menginginkan status-quo. Kita berhenti di tempat, kita tidak ikut mengalir. Itu sebabnya kita jatuh sakit. Kita mengundang penyakit. 
Resistensi kita, penolakan kita untuk ikut mengalir bersama kehidupan membuat kita sakit. Yang namanya usaha, pasti ada pasang-surutnya. Dalam hal berumah-tangga,bentrokan-bentrokan kecil itu memang wajar, LUMRAH. Persahabatan pun tidak selalu langgeng, tidak abadi. Apa sih yang langgeng, yang abadi dalam hidup ini? Kita tidak menyadari sifat kehidupan. Kita ingin mempertahankan suatu keadaan. Kemudian kita gagal, kecewa dan menderita.
“Penyakitmu itu bisa disembuhkan, asal kamu ingin sembuh dan bersedia mengikuti petunjukku.” demikian ujar sang Ustad.“Tidak Ustad, tidak. Saya sudah betul-betul jenuh. Tidak, saya tidak ingin hidup.” pria itu menolak tawaran sang Ustad.“Jadi kamu tidak ingin sembuh. Kamu betul-betul ingin mati?”“Ya,memang
saya sudah bosan hidup.”“Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam, dan jam delapan malam kau akan mati dengan tenang.”Giliran dia menjadi bingung. Setiap Ustad yang ia datangi selama ini selalu berupaya untuk memberikannya semangat untuk hidup. Yang satu ini aneh. Ia bahkan menawarkan racun. Tetapi, karena ia memang sudah betul-betul jenuh, ia menerimanya dengan senang hati.Pulang kerumah, ia langsung menghabiskan setengah botol racun yang disebut “obat” oleh Ustad edan itu. Dan, ia merasakan ketenangan sebagaimana tidak pernah ia rasakan sebelumnya. Begitu rileks, begitu santai! Tinggal 1 malam, 1 hari, dan ia akan mati. Ia akan terbebaskan dari segala macam masalah.
Malam itu, ia memutuskan untuk makan malam bersama keluarga di restoran masakan Jepang. Sesuatu yang sudah tidak pernah ia lakukan selama beberapa tahun terakhir. Pikir-pikir malam terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis. Sambil makan, ia bersenda gurau. Suasananya santai banget! Sebelum tidur, ia mencium bibir istrinya dan membisiki di kupingnya, “Sayang, aku mencintaimu.” Karena malam itu adalah malam terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis..!
.Esoknya bangun tidur, ia membuka jendela kamar dan melihat ke luar. Tiupan angin pagi menyegarkan tubuhnya. Dan ia tergoda untuk melakukan jalan pagi. Pulang kerumah setengah jam kemudian, ia menemukan istrinya masih tertidur. Tanpa membangunkannya, ia masuk dapur dan membuat 2 cangkir kopi. Satu untuk dirinya, satu lagi untuk istrinya. Karena pagi itu adalah pagi terakhir,ia ingin meninggalkan kenangan manis! Sang istripun merasa aneh sekali, “Mas, apa yang terjadi hari ini? Selama ini, mungkin aku salah. Maafkan aku, mas.”Di kantor, ia menyapa setiap orang, bersalaman dengan setiap orang. Stafnya pun bingung, “Hari ini, Bos kita kok aneh ya?”Dan sikap mereka pun langsung berubah. Mereka pun menjadi lembut. Karena siang itu adalah siang terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis! Tiba-tiba, segala sesuatu di sekitarnya berubah. Ia menjadi ramah dan lebih toleran, bahkan apresiatif terhadap pendapat-pendapat yang berbeda. Tiba-tiba hidup menjadi indah. Ia mulai menikmatinya.Pulang kerumah jam 5 sore, ia menemukan istri tercinta menungguinya di beranda depan. Kali ini justru sang istri yang memberikan ciuman kepadanya, “Mas, sekali lagi aku minta maaf, kalau selama ini aku selalu merepotkan kamu.” Anak-anak pun tidak ingin ketinggalan, “Ayah, maafkan kami semua. Selama ini, ayah selalu stres karena perilaku kami semua.”Tiba-tiba, sungai kehidupannya mengalir kembali. Tiba-tiba, hidup menjadi sangat indah. Ia membatalkan niatnya untuk bunuh diri. Tetapi bagaimana dengan setengah botol yang sudah ia minum, sore sebelumnya?” Ya Allah, apakah maut akan datang kepadaku. Tundalah kematian itu ya Allah. Aku takut sekali jika aku harus meninggalkan dunia ini ”.Ia pun buru-buru mendatangi sang Ustad yang telah memberi racun kepadanya. Sesampainya dirumah ustad tersebut, pria itu langsung mengatakan bahwa ia akan membatalkan kematiannya. Karena ia takut sekali jika ia harus kembali kehilangan semua hal yang telah membuat dia menjadi hidup kembali.Melihat wajah pria itu, rupanya sang Ustad langsung mengetahui apa yang telah terjadi, sang ustad pun berkata “Buang saja botol itu. Isinya air biasa. Kau sudah sembuh, Apa bila kau hidup dalam kekinian, apabila kau hidup dengan kesadaran bahwa maut dapat menjemputmu kapan saja, maka kau akan menikmati setiap detik kehidupan. Leburkan egomu, keangkuhanmu, kesombonganmu. Jadilah lembut, selembut air. Dan mengalirlah bersama sungai kehidupan. Kau tidak akan jenuh, tidak akan bosan. Kau akan merasa hidup. Itulah rahasia kehidupan. Itulah kunci kebahagiaan. Itulah jalan menuju ketenangan.”Pria itu mengucapkan terima kasih dan menyalami Sang Ustad, lalu pulang ke rumah, untuk mengulangi pengalaman malam sebelumnya. Ah, indahnya dunia ini…… subhanallah (maha suci Allah)


Text Box:          BOSAN JADI PEGAWAI, BAYU SUKSES BISNIS SCRAPBOOK BEROMZET 38 JUTA
 




            - Pemutusan hubungan kerja (PHK) bukan satu-satunya alasan seseorang meninggalkan jalur karyawan. Jenuh dengan pola kerja yang padat menjadi alasan Bayu Indrawan meninggalkan pekerjaannya di sebuah rumah produksi yang sudah dilakoninya selama sekitar 3 tahun.
Bersama kakaknya, Indri Rusmayanti, Bayu kini menggeluti usaha scrapbook. Bayu bercerita, usaha scrapbook-nya berawal dari keisengan menghias dan merangkai foto-foto menjadi sebuah cerita menggunakan kertas bekas, majalah, dan juga tissue.
"Awalnya kakak iseng upload (kreasi scrapbook) yang saya buat. Kakak kan hobi foto, cuma enggak pernah dicetak, terus saya cetak, saya hias, kata dia (kakak) bagus, " kata Bayu, Minggu (10/4).
Bayu pun mulai menawarkan hasil kreasinya kepada beberapa teman dan kerabat. Diakui Bayu, tidak semua scrapbook hasil kreasinya diminati. Oleh sebab itu, dirinya bersama sang kakak membuka jalur pemasaran dan pemesanan secara online.
Jalur online sangat membantu perkembangan bisnis scrapbook yang digeluti Bayu. Pemesanan pun tidak hanya datang dari pelanggan yang ingin fotonya dihias atau dibuat alur cerita, tetapi juga dari restoran-restoran.
"Teman-teman minta dihiasin fotonya, bahkan sampai restoran-restoran juga akhirnya kita desain sedemikian rupa," ujar Bayu.
Menjalani bisnis scrapbook, menurut Bayu, nyaris tanpa modal. Cukup mengandalkan kertas bekas atau tissue. Namun dibutuhkan kreativitas tinggi agar terus bisa bertahan meski ide-ide banyak yang mengikuti.
"Scrapbook kita enggak butuh modal, karena teman order, jadi ya sudah ini buat beli bahan sekian, bahannya apa, mau bagaimana ceritanya, entar saya yang ceritain, buat pengiriman sekian," tutur Bayu.
Strategi awal, lanjut Bayu, pemesan diwajibkan membayar setengah dari harga pesanan untuk biaya membeli segala keperluan pesanan. Sisanya dibayarkan pelanggan setelah pesanan selesai dibuat.
"Bisa dibilang Rp 0 modalnya karena itu saya berkreasi, saya ciptakan apa yang mereka inginkan. Awalnya gitu, sampai akhirnya untuk modal sekarang bisa Rp 10-20an juta karena kita menciptakan dan menyediakan ke toko-toko yang lain," imbuh Bayu.
Selain secara online, Bayu pun rajin mengikuti pameran untuk memperkenalkan kreasi scrapbook dari Paperlope kepada masyarakat.
Bermodal hampir Rp 0, kini omzet Paperlope bisa mencapai Rp 38 juta. Bayu menargetkan omzet mencapai Rp 50 juta dalam waktu dekat ini. "Bulan depan target Rp 50 juta. Real Rp 38 (juta) paling tinggi," ucap Bayu.
Bayu pun berbagi tips bagi yang hendak menekuni bisnis di bidang srapbook.
"Berani rugi kalau memang mau mulai, sama yakin bisa dan inovasi. Saya kan biasanya nyiptain terus orang-orang ingin (punya), kita kan awalnya nawarin dulu, ada yang mau apa enggak, kalau enggak ada yang mau kan biasanya orang nyerah, enggak punya ide. Tantangannya, inovasi karena yang saya buat itu kreasi, ide. Muncul, terus ada ngikutin,"
Text Box: BELAJAR DARI BOB SADINO (SI KAYA YANG BOSAN KAYA )
 




Kehidupan awal
Bambang Mustari Sadino
(lahir di Tanjung Karang (sekarang Bandar Lampung),
9 Maret 1933 – meninggal di Jakarta, 19 Januari 2015 pada umur 81 tahun) atau akrab dipanggil Bob Sadino, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan.
Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat santai dengan mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya sehari-hari.
banyak sekali kata-kata motivasi yang di berikan om bob  untuk berbisnis, ada yang frontal, terdengar konyol namun itu lah gaya bahasa om bob sangat berbeda dengan si jalan emas,,
Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan. Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia.
Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.
Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. Ia membawa serta 2 Mercedes miliknya, buatan tahun 1960-an. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan sementara yang lain tetap ia simpan. Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.
Karier Pengusaha
Pekerjaan pertama yang dilakoni Bob Sadino setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan dengan upah harian Rp.100.
Suatu hari, seorang teman menyarankan Bob memelihara dan berbisnis telur ayam negeri untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar. Bob-lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Ketika itu, telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri. Namun seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob semakin berkembang. Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.Catatan awal tahun 1985 menyebutkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton.
Kematian
Kondisi kesehatan Bob Sadino merosot setelah istrinya, Soelami Soejoed meninggal dunia pada Juli 2014. Setelah sempat dirawat selama dua pekan di Rumah Sakit Pondok Indah, pada 19 Januari 2015, sore hari pkl. 18.05, Ia meninggal dunia karena sakit


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peranan Dan Fungsi Pemerintah Dalam Perekonomian & Ruang Lingkup Intervensi Pemerintah

KONSUMSI

makalah saham syariah