contoh usaha dengan modal 1juta, 5juta, dan 10jt
Usaha
Dengan Modal Satu Juta
1. Wirausaha
Keripik Berbahan Daun
a) Isi
tentang produk usaha
Keripik atau kripik adalh sejenis makanan ringan berupa
irisan dari umbi-umbian ,buah-buahan, atau sayuran yang di goreng didalam
minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasa nya dicampur
dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu. Selain daun bayam, ada
beberapa jenis daun lain yang bisa dipakai sebagai bahan keripik, yaitu daun
ketela pohon, daun sirih, daun pepya, dan daun kemangi. Bahan yang digunakan
untuk aneka keripik daun tersebut juga saama dengan bahan-bahan diatas. Hanya
proses pembuatan yang sedikit berbeda.
b) Perkiraan
kebutuhan modal
Modal awal
embuat keripik :
§ Lembaran-lembaran daun
bayam 30 ikat @Rp2,000 Rp.60.000,00
§ Tepung beras ½ kg
@Rp.3.500,00 Rp.3.500,00
§ Tepung kanji ¼ kg @3.500,00
§ Tepung terigu ¼ 3.500,00
@3.500,00
§ Telur 5 butir @Rp.1.500
Rp.15.000,00
§ Garam 1 balok @RP.500
Rp.500
§ Penyedap rasa @1.000
Rp.1000
§ Ketumbar @500,00 Rp.500,00
§ Kunyit @Rp.700,00 Rp.700,00
§ Isi stereples @Rp.1.000,00
Rp.1000,00
§ Gas lpg Rp@18.000,00
§ Gaji karyawan 3 orang
@7000,00 Rp.21.000,00
§ Label harga Rp.9000,00
Total
Rp.168.700,00 x 30 (hari) = Rp.5.061,00
c) Omzet
Dalam 1 hari kami mampu menghasilkan 70 bungkus keripik
bayam , sehingga dapat ditetapkan . 70 bungkus x @Rp3.000 = Rp.210.000, jadi
dalam sebulan kami dapat menghasilkan omzet sebesar : Rp.210.000 x 30
(hari)=Rp.6.300,00
d) Target
pasar
Semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa
dan masyarakat yang suka makan makanan ringan, suka berkumpul dengan kerabat
.tetapi target awal pemasaran disini saya mulai mempromosikan kepada saudara ,
teman kuliah atau kerabat dekat . dan promo di jejaring social seperti facebook,
bbm, instagram serta melalui brosur dan iklan di Koran. Keripik ini juga dapat
dipesan mlalui via online.
2. Usaha
Bakso Bakar
a. Isi
tentang produk usaha
Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim
ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran sapi
giling dan tepung tapioca , akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging
ayam , ikan , atau udang . dalam penyajian nya bakso umum nya disajika panas
panas dengan kuah kaldu sapi bening di campuri mie dan lain-lain. Akan tetapi
bakso yang saya sajikan ini dengan cara di bakar atau di panggang dan diolesi
dengan saus dan kecap.
b. Perkiraan
kebutuhan modal
Modal awal
Bahan- bahan usaha bakso bakar :
·
Display
gerai @Rp.450,000
·
Tungku
pembakaran @Rp.100,000
·
Jarring
panggangan @Rp.100,000
·
Spanduk @Rp.50,000
·
Meja
dan kuri @Rp.300,00
Total Rp.1.000.000
Biaya
produksi tiap 3 hari :
·
Bakso
siap pakai @Rp 210,000
·
Bumbu-bumbu @Rp135,000
·
Kemasan
plastic @Rp 55,000
Total Rp.400,000
c. Omzet
Pendapatan per 3 hari : Rp.210,000 x @2000 = Rp.420.000
Jadi jika dalam sebulan kita akan mendapatkan omzet
sebesar Rp.2.100,00
d. Target
pasar
Target market yang potensi untuk jenis jajanan makanan sehat
dan lezat seperti bakso bakar ini untuk semua kalangan dari anak-anak , dewasa
hinga lanjut usia dan tempat yang stategis untuk pemasaran jajanan ini adalah di kampus atau sekolah ,
perumahan/rumah tangga, pusat perbelanjaan, pusat jajanan, tempat hiburan,
tempat wisata, stasiun, dan lain-lain.
3. Aksesoris
wanita
a. Isi
tentang produk usaha
Aksesoris merupakan suatu pernak pernik atau hiasan yang
biasanya sering dipakai oleh seorang perempuan dengan tujuan untuk mempercantik
dirinya atau agar terlihat lebih menarik . oleh karena itu banyak sekali
perempuan yang tertarik dan berminat untuk mengoleksi aksesoris-aksesoris yang
lucu, unik dan model yang bagus .ada berbagai macam aksesoris-aksesoris yang
sering digunakan, seperti anting, gelang, kalung, bros, jepit rambut, dan masih
banyak lagi yang lain nya. Oleh karena itu aksesoris banyak digemari oleh
banyak orang.
b. Perkiraan
kebutuhan modal
Modal awal
Bahan-bahan usaha aksesoris :
·
Berbagai
bando polos @Rp.250.000
·
Kawat,
lem, benang, @Rp.150.000
·
Pita,
kain felt, jarum @Rp.250.000
·
Peniti @Rp.50.000
·
Bahan
lainnya @Rp.200.00
Total Rp.900.000
c. Omzet
Pendapatan per bulan , disini saya menargetkan 20 pcs x
@Rp5.000 x 30 (hari)=Rp.3.000.000
d. Target
pasar
Targetnya untuk semua kalangan hawa umumnya remaja dan
ibu-ibu sosialita tidak menutup kemungkinan untuk kaum laki-laki membeli
aksesoris wanita , jadi semua orang atau semua kalangan dapat membeli nya.
Untuk proses penjualan , disini saya menawarkan orang-orang terdekat terlebih
dahulu seperti teman dan saudara untuk
mendapatkan kritik dan saran atas usaha tersebut, setelah itu baru akan
mempromosikan ke luar seperto di jejaring social atau langsung turun
kelapangan.
Usaha dengan
modal sepuluh juta
1. Usaha
ayam Kentucky
a. Isi
tentang produk usaha
Hampir semua orang mengenal dan pernah menikmati yang
namanyaayam goreng tepung. Penggemarnya pun tidak sedikit. Tebukti dengan
menjamurnya gerai ayam goreng dan tepung, baik berupa usaha mandiri ataupun
usaha waralaba. Fried chicken adalah ayam goreng yang dilapisi tepung di
bagian luarnya yang mencipatakan tekstur yang menarik dan gurih, dan dilumuri
bumbu bagian dalam daging ayam yang membuat daging ayam terasa bumbunya sampai
ke dalam, fried chicken ini banyak di sajikan di restoran – restoran cepat saji
dan biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus tomat. Untuk membuat ayam
goreng fried chicken seperti ini memerlukan bumbu-bumbu khusus agar
menghasilkan masakan ayam yang enak.
b. Perkiraan
kebutuhan modal
Modal awal
Bahan-bahan membuat usaha ayam Kentucky dihitung per
bulan
-10 ekor ayam :
10x26(hari)= Rp.260.000 x @28.000 = Rp.7.280.00
-minyak goreng : 2(liter)x26(hari)=Rp.52.000 x @Rp.12.000
= Rp.624.000
-bumbu racik : 15rbx26= Rp.390.000
-saos,plastic dan lainnya :20rbx26=Rp.520.000
-gerobak : Rp.850.000
Total : Rp.9.664.000,00
c. Omzet
Pendapatan penjualan per hari adalah 120 potong x
@Rp.5.000 = Rp.600,00/hari. Jadi per bulan adalah 120 x 30 x @Rp.5000 =
Rp.18.000.00
d. Target
pasar
Untuk media pemasaran, penjual dapat memberikan promosi
dengan diskon di awal usahanya. Informasi juga bisa melalui pamflet yang
ditempel di sekitar tempat usaha atau brosur yang disebar. Setelah usaha
berjalan diharapkan dapat “mempromosikan” dirinya sendiri. Maksudnya, pelanggan
atau konsumen secara “sukarela” menginformasikan dan merekomendasikan produk
kita dari mulut ke mulut. Promosi semacam ini efektif bila produk Anda unggul
dalam rasa, kualitas, dan harga.
2. Usaha
laundry
a. Isi
tentang produk usaha
Laundry atau Binatu adalah fasilitas
di mana pakaian dicuci dan dikeringkan. Binatu biasa menggunakan mesin cuci
otomatis yang disebut sebagai laundromat atau merk dagang umum. Dengan
perkembangan model busana dan aneka pernak perniknya, misalnya jenis-jenis
pakaian yang memiliki banyak motif yang tidak mudah untuk mencuci sendiri dan
berbagai jenis perlengkapan lainnya seperti pelayanan cuci handuk, cuci sepatu,
cuci selimut, cuci badcover, cuci bonea, cuci tas dan lain-lain. Dengan
perkembangan kain serta modelnya maka pencucian dan perawatanya menjadi sulit,
disinilah jasa laundry mulai diperlukan dan saat ini perkembangan usaha laundry
semakin maju.
b.
Perkiraan
kebutuhan modal
Modal awal
Bahan-bahan usaha laundry
-mesin cuci Rp.2.500.000
-mesin pengering Rp.3.500.00
-setrika uap Rp.2.200.000
-detergen matic Rp.360.000/20kg
-softener Rp.250.000/25/liter
-parfum laundry Rp.250.000/5liter
-meja
@Rp.100.00 x 3 = @Rp.300.000
-hanger Rp.200.000
Total :
Rp.9.560.000
c. Omzet
Per hari kami menargetkan ada 50 kg
cucian jadi 50kg x @Rp.7000.00 = Rp.350.000 jadi selama sebulan mendapatkan
omzet Rp.10.500.000
d. Target
pasar
Target pasar dari usaha ini terutama masyarakat yang ada
disekitar tempat usaha dan pengembangan selanjutnya ke daerah-daerah potensial,
jika diidentifikasi maka segmen dari usaha ini antara lain :
- Pelajar/Mahasiswa
- Keluarga
Muda.
- Para
pekerja swasta.
- Masyarakat
(PNS/Tentara/dl).
1. Usaha
membuka warnet
a. Isi
tentang produk usaha
Warung Internet atau biasa disingkat
warnet adalah salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh kelompok atau individu
yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa internet oleh penggunanya. Biasanya
pengguna dikenakan biaya per jam atau lebih, sesuai lama penggunaannya.
Kebanyakan, warnet di buka di lahan yang dekat dengan tempat pendidikan,
seperti sekolah, tempat les, atau kampus. Sehingga, penggunanya pun tak jauh
dari siswa / siswi, mahasiswa, guru, atau dosen yang secara kebetulan atau
tidak membutuhkan jasa internet.
b. Perkiraan
kebutuhan modal
Modal awal
Bahan-bahan usaha warnet
-
Computer
set 5 unit Pentium 4 lengkap dengan layar flat second @Rp.1.100rb x 5 unit =
Rp.5.500.000
-
Modem
CDMA/jaringan interne dengan pemancar Rp.1.000.000
-
Meja
pendek 5 buah @Rp.40.000 x 5 buah = Rp.200.000
-
Karpet
Rp.200.000
-
Biaya
penerangan dan kabel Rp. 100.000
Total : Rp. 7.000.000
c. Omzet
Hasil perhari = @Rp.5.000 x 60 jam = Rp.300.000
Hasil perbulan = Rp.300.000 x 30 hari = Rp.9.000.000
d. Target
pasar
Adapun target
pasar dari usaha warnet ini adalah mahasiswa, siswa SMU/SMK serta masyarakat
umum. Dan dengan lokasi warnet yang strategis, dekat dengan pusat keramaian,
perumahan penduduk, sarana pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi,
perkantoran dan tempat strategis lainnya, akan sangat memungkinkan tercapainya
target keuntungan perbulan yang memuaskan dan dengan demikian diharapkan dapat
melakukan perluasan usaha diwaktu mendatang.
Usaha
dengan modal lima juta
1. Bisnis
donat
a. Isi
tentang usaha produk
Cemilan atau makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat
ini sangat sering dicari oleh orang-orang untuk dibeli dan dikonsumsi, hal ini
dikarenakan cemilan ini sangat mudah didapatkan dan juga sangat praktis
sehingga konsumen sering memburu cemilan-cemilan untuk dibeli. Saat ini begitu
banyak cemilan-cemilan yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dan juga
makanan ringan ini biasanya bermacam-macam jenis yang diperjualbelikan
dipinggir-pinggir jalan, salah satu jenis makanan tersebut ialah donut, mungkin
sudah banyak cemilan-cemilan donut sudah sering dijajakan, dari yang biasa
hingga yang sudah sangat terkenal.
b. Perkiraan
kebutuhan modal
Modal awal
Bahan-bahan usaha donat
-
Gerobak
stand : Rp.1.000.000
-
Peralatan
dapur dan peralatan membuat kue : Rp.2000.000
-
Wadah
stainless4 buah : Rp.200.000
-
Kompor
dan tabung gas : Rp.750.000
Total: Rp.3.950.000
Pengeluaran
perbulan
-
Pembelian
plastic kemasan dan kantong plastic : Rp.200.000
-
Bahan
baku : Rp.2.500.000
-
Bahan-bahan
variasi toping : Rp. 1.000.000
-
Gaji
satu orang pegawai : Rp.700.000
-
Transportasi
:Rp.100.000
-
Biaya
penyusutan (Rp.2.950.000: 48 bulan
Total : Rp.4.582.300
c. Omzet
Pendapatan perbulan (100 donat x Rp.2.500 x 30 hari)=
Rp.7.500.000
d. Target
pasar
Semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa
dan masyarakat yang suka makan makanan ringan, suka berkumpul dengan kerabat
.tetapi target awal pemasaran disini saya mulai mempromosikan kepada saudara ,
teman kuliah atau kerabat dekat . dan promo di jejaring social seperti
facebook, bbm, instagram serta melalui brosur dan iklan di Koran. Keripik ini
juga dapat dipesan mlalui via online.
2. Counter
pulsa
a. Isi
tentang usaha produk
Seiring berkembangnya teknologi dalam
industri ponsel atau smartphone, saat ini kita dapat dengan dengan mudah
menjumpai konter-konter pulsa yang ada disekeliling kita. Meski usaha yang satu
ini semakin ramai digeluti oleh banyak orang, namun ternyata bisnis pulsa dan
aksesoris HP tetap saja menjanjikan. Hal ini karena jumlah pengguna handphone
juga terus bertambah setip harinya, bahkan bisa dipastikan jika saat ini setiap
satu keluarga pasti salah seorang atau lebih anggotanya memiliki ponsel.
Karenanya, tak heran bila angka penjualan pulsa tidak mengalami penurunan
bahkan cenderung naik.
b. Perkiraan
kebutuhan modal
Modal awal
Bahan-bahan usaha counter pulsa
-
meja
etalase Rp.1.000.000
-
telpon
seluler Rp.300.000
-
rak
untuk akseorisRp.500.00
-
kursi
plastic Rp.200.000
-
deposit
pulsa elektrik Rp.2.500.000
-
biaya
tak terduga Rp.500.000
Total : Rp.5.000.000
c. Omzet
Omzet per bulan nya , pulsa : Rp.90.000 x 30 =
Rp.2.700.000
Omzet per bulan nya =, aksesoris : Rp.60.000 x 30 =
Rp.1.800.000
d. Target
pasar
Semua kalangan disekitar lingkungan dari anak-anak ,
remaja, sampai dewasa . promosi yang digunakan dengan mendirikan banner di
dekat lokasi tersebut . lalu informasi dari mulut ke mulut.
3. Usaha
burger
a. Isi
tentang usaha produk
Burger adalah makanan yang berasal dari benua eropa yang
di sajikan untuk sarapan atau makan siang, burger terdiri dari roti tebal bulat
yang di belah dua, lalu di masukan aneka saus biasanya saus mayonaise, selada,
keju dan daging. Beberapa tahun belakangan ini burger juga populer di
Indonesia, tak heran bila dari hari ke hari outlet burger mulai bermunculan di
tanah air. Penggemar makanan ini terus bertambah terutama di kalangan orang
muda. Oleh karena itu Peluang usaha Burger bisa menjadi pilihan usaha yang
menggiurkan.
b. Perkiraan
kebutuhan modal
Modal awal
Bahan-bahan usaha burger
-
etalase
+ stiker harga = 400.000
-
tenda
kios = 1000.000
-
kios=
2.000.000
-
spanduk=
50.000
-
wajan
Teflon = 70.000
-
Jepitan
daging = 15.000
-
pisau
roti = 25.000
-
tempat
bumbu = 12.000
-
selang
dan regulator = 115.000
-
kompor
gas 1 tungku= 300.000
-
Tabung
gas = 150.000
-
keranjang
sayur = 10.000
total
= Rp.4.147.000
c. Omzet
Perhari kita menjual 50 buah burger jadi : 9000 x 50 =
450.000
Jadi sebulan 450.000 x 30 = 18.000.000
d. Target
pasar
Burger memang lebih digemari oleh anak muda, namun bukan
berarti mereka yang sudah cukup usia sama sekali tidak menyukai burger.
Alhamdulillah sangat bermanfaat
BalasHapus